Bupati Launching Aplikasi SIJOKER Dinas Nakertrans Sijunjung

Faeza Faeza
Bupati Launching Aplikasi SIJOKER Dinas Nakertrans Sijunjung
Istimewa
Bupati Launching Aplikasi SIJOKER Dinas Nakertrans Sijunjung

jaringberita.com -Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, pada Selasa (4/10/2022) di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati melaunching Aplikasi Sistem Informasi JOB / Ketenagakerjaan (SIJOKER) di Dinas Nakertrans Sijunjung.

Selain disaksikan Wabup H. Iraddatillah, S.Pt, Asisten juga disaksikan Kadis Nakertrans Sijunjung, Khamsiardi, S.STP, M.Si serta dihadiri para pimpinan OPD, Camat dan undangan lainnya, termasuk Ketua Forum Pelayanan Publik juga hadir.

Kadis Nakertrans Sijunjung, Khamsiardi, S.STP, M.Si, dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan kegiatan itu sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan lnformasi Publik.

Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2007 tentang Tata Cara Memperoleh Informasi Ketenagakerjaan dan Penyusunan serta Pelaksanaan Perencanaan Tenaga Kerja.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Nomor PER.19/MEN/IX/2009 tentang Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Ketenagakerjaan

Rancangan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II LAN RI Th. 2022.

"Maksud dari Pembuatan Sistem Informasi JOB Ketenagakerjaan (SIJOKER) ini adalah untuk mewujudkan Misi 1 RPJMD Kabupaten Sijunjung Tahun 2021-2026, yaitu; Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik yang Efektif, Efisien, dan Responsif Berbasis Reformasi Birokrasi Terkhusus pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrask Kabupaten Sijunjung,"jelas
Kadis Nakertrans Sijunjung, Khamsiardi, S.STP, M.Si.

"SIJOKER juga untuk Mendukung Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan untuk Menurunkan Angka Pengangguran di Kabupaten Sijunjung,"sebur Ardi begitu sapaan akrab dari Kadis Nakertrans Sijunjung itu.

Disebutkannya, tujuan jangka dari pendek itu, yakni terintegrasinya semua jenis layanan ketenagakerjaan dalam satu sistem sehingga memudahkan masyarakat pengguna untuk mengakses data dan informasi yang diperlukan.

"Cakupan pelayanan ketenagakerjaan lebih luas, cepat dan mudah, memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan dan proses pembuatan kebijakan. Terciptanya efisiensi waktu pelayanan sehingga mempercepat penyelesaian dokumen/berkas ketenagakerjaan masyarakat pengguna SIJOKER,"papar mantan Kadis DPMN itu.

"Jangka Menengah, yakni pengembangan website SIJOKER Sijunjung secara berkelanjutan. Terwujudnya pengembangan sistem informasi ketenagakerjaan yang terintegrasi dengan beberapa stakeholder terkait.Terciptanya data ketenagakerjaan yang bisa diakses oleh masyarakat pengguna dan Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat,"terangnya.

Penulis
: Izl
Editor
: La Tansa

Tag: